Sunday, April 28, 2013

KREMES UBI




Lama banget ngga makan makanan yang satu ini, banyak sebutan untuk kue ini, di Sumatera orang menyebutnya kue sarang balam karena bentuknya yang menyerupai sarang burung, dan dalam bahasa sunda disebut kremes hui, sementara di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kue kremes lebih dikenal dengan nama kue carang emas atau gerubi.

Apapun namanya kue yang satu ini mudah dibuat, bahannya sederhana dan rasa yang khas. Dari namanya, kita sudah bisa membayangkan kue kremes ini merupakan kue yang renyah, gurih, manis karena warna kecoklatan dari gula merah dan sudah pasti terasa kremesnya yang "kres...kres..." ketika digigit, hmm...sensasinya mantap. Sekali-kali kremes ubi ini disajikan untuk keluarga saat minum teh sore hari, tambah nikmat...satu ga bakalan cukup deh. Membuatnya simpel banget dan saat proses pembuatannya aja, hmm..dah bikin ngiler, wangi ubi yang digoreng dan aroma gula merah yang mencair...bikin ngecess deh.

Kremes ubi ini masih banyak digemari dan memang termasuk jajanan jadul, juga udah mulai jarang dijual, kalau bukan kita sengaja pergi ke toko snack atau toko oleh-oleh. Jaman saya kecil sih dulu hampir semua warung kelontong atau warung rokok menjual cemilan ini. Sekarang udah digeser sama cemilan fabrikan yang penuh dengan bahan sintetis dan pengawet. Resep kremes ubinya silakan dilihat ya:

Kremes Ubi
by Bunda Syisyam

Bahan:
1 kg ubi jalar merah
200 gr gula merah, iris halus
air secukupnya untuk merendam
1 sdt garam halus
Gula pasir secukupnya
Vanila bubuk secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Kupas dan potong ubi menggunakan pisau tipis dan tajam menjadi irisan halus. Rendam dengan larutan air garam dan vanila bubuk. Tiriskan.
2. Panaskan miyak di dalam wajan. Goreng sebagian ubi dengan api sedang, hingga kuning dan hampir kering. 
3. Kecilkan api masukan sebagian irisan gula merah dan sedikit gula pasir, aduk rata hingga gula mencair dan tercampur dengan ubi (akan sedikit menggumpal). Angkat. Lakukan berulang hingga adonan habis
4. Angkat menggunakan saringan dan taruh diwadah yang dialasi dengan kertas guna menyerap minyak.
5. Ambil sejumput ubi goreng yang masih hangat, bentuk secara cepat menjadi bulatan-bulatan. Dinginkan hingga kue mengeras. Simpan di dalam stoples kedap udara. 

Untuk 30 buah

Kremes Ubi ini merupakan setoran saya untuk kali pertama mengikuti event NCC Online Culinary Weeks JITW (Jajanan Indonesia Tradisional Week) dan Alhamdulillah resmi mendapatkan badge JITW untuk dipasang di blog. NCC Jajanan traditional week ini bisa dilihat di: jajantradisionalindonesia.blogspot.com. Thank you Trio TAH.






No comments:

Post a Comment

Post a Comment