Friday, July 05, 2013

Group Bakul Kue Rumahan (BKR) di Chocolate School Permata Hijau Jakarta, 3 Juli 2013

Alhamdulillah member Bakul Kue Rumahan (BKR) yang diketuai oleh Teh Nenis mendapatkan undangan spesial dari Chocolate School Jakarta (Permata Hijau) dibawah pimpinan Pak Louis Tanuhadi. Undangan special belajar seputar dunia coklat dari sang ahli Pak Louis berlangsung pada hari Rabu tanggal 3 Juli 2013 jam 13.00 s/d 17.00 Wib.

Petualangan pun dimulai sesaat setelah semua peserta melakukan absensi dan mengambil nametag, peserta masuk ke kelas dan disambut ramah oleh Pak Louis Tanuhadi dan mbak Theresia plus staff pengajar. Kami pun langsung disuguhi minuman coklat hangat yang rasanya….hmmm eunaaakkk & langsung diserbu peserta hehehe, selanjutnya pelajaran pun mulai berjalan.


Dalam kesempatan ini, Pak Louis Tanuhadi banyak sharing pengetahuan, tips dan triks seputar dunia coklat dengan 40 orang member BKR plusssss bonus icip-icip dan demo resep-resep cake ala manca negara yg sedang ngetrend..Financier, Hokkaido Cake dari Jepang & Cocos praline yang uenaakk, hmmmm..mo lagi..lagi & lagi.

Demo resep dilakukan langsung oleh Pak Loius dan ini membuat banyak peserta nggak percaya lho klo ternyata Pak Louis pakarnya baking juga...makanya peserta pada bengong pas diajarkan bikin kue dengan tip-tipnya hehehee. 

Sebelumnya, ada cerita seru dan panjang dibalik pemilihan member BKR yang berhasil mendapatkan kesempatan belajar gratis ke chocolate school.

Mengingat jumlah member BKR cukup banyak dan jumlah undangan peserta dibatasi hanya 40 orang, maka pihak admin mengadakan quiz menarik di group BKR yang dipandu oleh bu admin Erna Veronica dan yang bisa menjawab dengan benar, bisa ikutan belajar/kelas di chocolate school secara gratis.

Quiz #1 di malam hari : Sudah berapa kali BKR mengadakan BMS? sebutkan tema BMS tersebut.
Jawaban saya: 3 kali: #1 Bolu Kukus Mekrok resep Sugi Bae, #2 Marmer Cake Jadul ala Pak Sahak, #3 Donat Kentang Empuk Nina NauraCakes Bkr

Berhubung banyaknya peserta quiz (Chcocolate School) yang menjawab dengan benar sampai batas waktu pukul 24.00, maka pihak admin memutuskan bahwa untuk 15 orang peserta belajar ke Chocolate School diambil dari panitia acara silaturahim BKR, sebagai ucapan terima kasih dari BKR karena sudah membantu sepenuh hati saat acara silaturahmi kemarin dan sisanya 25 orang akan disaring dari kandidat yang lolos saat kuis pertama. Proses penyaringan 25 orang dilakukan melalui quiz ke-2 dan hanya peserta dengan jawaban yang TEPAT yang akan terpilih. 

Quiz#2 adalah: Sebutkan 5 bahan kue dasar yg diketahui terbuat dari apa dan fungsinya untuk apa?
Jawaban saya: (1) Telur: bahan penting dlm pembuatan cake karena mengandung "lecithin" yang mempunyai daya pengemulsi dan "lutein" meningkatkan warna pada cake, (2) Lemak (mentega, margarin, minyak) : mempunyai kemampuan mengemulsi yang baik dengan rasa dan bau netral sehingga akan menghasilkan cake dengan aroma harum, tektur halus dan volume yang besar, (3) Terigu : bahan dasar pembuatan cake yang berfungsi membentuk kerangka susunan (4) Gula berfungsi sebagai pemberi rasa manis dan membentuk aroma yang khas.(5) Emulsifier berfungsi sebagai pengemulsi untuk menyatukan berbagai bahan menjadi adonan yang homogen dan stabil juga memperbaiki tektur cake menjadi lebih lembut.

Akhirnya dengan seleksi dan pejuangan yg panjaaaang….ditetapkan 40 peserta Kelas BKR yang akan belajar seputar coklat di Chocolate School, hari Rabu 3 Juli 2013 jam 13.00 sd 17.00 WIB dan Alhamdulillah saya terpilih diantara 40 peserta beruntung yang akan belajar seputar dunia coklat di chocolate school.

Namun ternyata cerita belum berakhir, karena setelah itu ada lagi undangan untuk member BKR demo masak dan kue dari Unilever Sabtu, tanggal 6 Juli 2013 jam 13.00 sd 17.00 di Lotte Mart Bekasi Barat. Jumlah peserta pun dibatasi hanya 40 orang dan nanti pihak Unilever akan membagi-bagikan 40 buah goodybag kepada peserta BKR. Proses penyeleksian peserta dilakukan melalui quiz seperti biasa dan yang penting dulu2an jawab dan benar.

Pertanyaan Quiz: Sebutkan 5 macam produk Unilever yg biasa kita gunakan untuk membuat kue/cake. 
Jawaban saya: Blue Band, PFANNI PUREE FLOcken,Skippy creamy, Best food mayo magic, knorr mashed potato.

Tiba saat pengumuman hasil quiz untuk peserta demo Unilever Sabtu, tgl 6 Juli 2013 jam 13.00 s/d 17.00 di Lotte Mart Bekasi Barat dan Alhamdulillah saya terpilih lagi diantara 40 peserta beruntung.

Perjuangan masih belum berakhir karena ternyata ada diantara member BKR yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti salah satu acara BKR dan mengusulkan agar peserta yang mendapatkan kesempatan mengikuti 2(dua) acara BKR agar memilih salah satu. Hal ini guna memberikan kesempatan kepada peserta lain yang ingin juga mengikuti acara BKR. 
Pihak admin pun akhirnya meminta pendapat/tanggapan dari para member BKR lainnya atas usulan tersebut. Berdasarkan masukan/pendapat para member BKR lainnya, pihak admin memutuskan bahwa  nama-nama peserta demo yang sudah diumumkan dan memang sebelumnya telah menjawab quiz dengan baik & benar maka berhak ikut sesuai list semula. 
Untuk member BKR yang belum mendapatkan kesempatan harus lebih proaktif dan teliti karena ini memang ini adalah quiz dan namanya juga permainan, pastilah ada yg kalah dan menang. Untuk sharing ilmu, pihak admin, Insya Allah akan membuatkan laporan lengkap untuk semua member BKR.


Kembali ke cerita diatas, acara belajar ini berakhirnya sekitar pukul 18.00 wib dan tidak lupa dilakukan sesi foto bersama dengan semua peserta bersama dengan Pak Louis, mbak Theresia dan staff pengajar. Sebagai ungkapan terima kasih, member BKR sepakat memberikan kenang-kenangan berupa parcel buah untuk tim chocolate school. Tak lupa ada juga acara belanja-belanja dan pesan-pesan produk tulip oleh para peserta.
Satu hal penting lagi, ternyata untuk menuju lokasi chocolate school, semua peserta datang dengan perjuangan berat sekali...semua datang dari jauh dengan satu tujuan, BELAJAR….ada mba Desi dari Sukabumi, ada mba Esti dari Bogor, ada mba Ria Oktarini dari Yogyakarta...waaaah...saluuut...plus teman-teman dari Depok, Jakarta, Bekasi yang selama perjalanan kena muaceeet. Namun, semua pengorbanan terbayar sudah dengan ilmu dan oleh-oleh yang didapat hari ini. Terima kasih untuk semua tim chocolate school dan tim admin BKR. 

Demikian cerita seputar kegiatan BKR. Semoga usaha dan ketrampilan para member Bakul Kue Rumahan (BKR) terus bertambah dan sukses untuk kita semua, Aamiin.

Salam BKR,
FL 

No comments:

Post a Comment